Implementasi Peraturan Bupati Manggarai Timur Nomor 7a Tahun 2020 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Di Pasar Inpres Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Peraturan Bupati Manggarai Timur Nomor 7a Tahun 2020 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Di Pasar Inpres Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Peraturan Bupati Manggarai Timur Nomor7a Tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Pasar Inpres Borong Kecamatan Borong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Pasar Inpres Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan 6 indikator implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Van Meter dan Van Horn yang terdiri dari standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik badan pelaksana, komunikasi antar organisasi, sikap/disposisi pelaksana, kondisi lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Hasil penelitian menujukan bahwa implementasi Peraturan Bupati Manggarai Timur No.7a tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Pasar Inpres Borong belum berjalan secara baik. Hal ini ditunjukan dengan standar dan sasaran kebijakan utama untuk melaksanakan kebijakan tidak memiliki kejelasan sehingga berdampak pada langkah-langkah pelaksanaan yang tidak maksimal. Ketersediaan sumber daya yang keterbatasan, baik sumber daya manusia, sumber daya anggaran maupun sumber daya fasilitas. Karakteristik badan pelaksana kebijakan, tidak cukup kompeten dalam melaksankan kebijakan yang ditunjukan dengan organisasi pelaksana yang memiliki keterbatasan sumber daya. Komunikasi antar organisasi dalam pelaksanaan kebijakan, berjalan baik dalam pelaksanaan kebijakan penataan dan pemberdayaan PKL di Pasar Inpres Borong, baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal. Pelaksana tidak memiliki sikap/disposisi mendukung secara penuh terhadap pelaksanaan kebijakan yang ditunjukan dengan adanya inkonsistensi dan ketidakketegasan dalam melakukan upaya penataan dan pemberdayaan PKL. Kondisi lingkungan sosial, ekonomi dan politik tidak memiliki dukungan kelompok sasaran karena tidak memiliki keseriusan dan tidak adanya keterlibatan kelompok sasaran serta kebijakan yang dianggap tidak sesuai kebutuhan.
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Penataan, Pemberdayaan,PKL


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003010212
Dosen Pembimbing
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Theny I. B. Kurniati Pah - 199004052019032030 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Theny I. B. Kurniati Pah - 19900405 201903 2 030 - Penguji 1
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 DAV I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA