Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Perundungan (Bullying) Dalam Serial Animasi Doraemon Di Youtube (Studi Pada Mahasiswa Semester 6 Prodi Psikologi FKM Undana)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Perundungan (Bullying) Dalam Serial Animasi Doraemon Di Youtube (Studi Pada Mahasiswa Semester 6 Prodi Psikologi FKM Undana)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi mahasiswa Semester 6 Prodi Psikologi FKM Undana terhadap perilaku perundungan (Bullying) dalam tayangan Serial Animasi Doraemon di Youtube. Konsep yang digunakan adalah komunikasi, youtube, anime (animasi), dan perilaku perundungan (bullying). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Resepsi (encoding-decoding) Stuart Hall. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall. Paradigma penelitian ini adalah paradigma interpretif konstruktivis. Subjek penelitian terdiri dari 7 informan yaitu 7 mahasiswa semester 6 prodi psikologi FKM Undana. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model milik Miles dan Hubermann. Hasil penelitian berdasarkan model decoding Stuart Hall menunjukkan informan mempunyai 2 pemaknaan yaitu pada posisi Hegemoni Dominan dan Negosiasi tanpa Oposisi. Adapun bullying yang paling sering ditampilkan adalah bullying verbal dan nonverbal, dimana bullying yang ditampilkan bisa memicu dan berpotensi mencontohi adegan bullying khususnya bagi anak-anak, sekaligus di saat yang bersamaan dapat dijadikan bahan atau sarana edukasi mengenai bullying, dampak, dan penanganannya. Sehingga, semuanya tergantung bagaimana individu masing-masing menerima dan memfilternya.

Kata Kunci : Analisis Resepsi, Bullying, Serial Animasi Doraemon


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MUHAMMAD FAHIR SYAM - Personal Name
Student ID
2003050126
Dosen Pembimbing
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
mariana a.n letuna - 198408182009122002 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1
Silvania S.E. Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 SYA A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA