Strategi Pemasaran Biji Kakao (Studi Kasus: Di Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pemasaran Biji Kakao (Studi Kasus: Di Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Usahtani kakao merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani dalam rangka budidaya tanaman kakao, mulai dari persiapan lahan, penanaman, pemeliharan, hingga panen dan pascapanen. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertahankan produk yang bernilai dengan produk yang lain. 1).Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kele mahan, peluang dan acaman pemasaran biji kakao. 2). Untuk mengetahui strategi pemasaran biji kakao di Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur.
Metode penelitian menggunakan metode survey. Lokasi ditentukan secara sengaja (purposive) di Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur. Populasi berjumlah 107 Petani. Sampel ditentukan secara sengaja (purposive) sebanyak 30 petani. Dengan menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor internal yang menjadi kekuatan pada strategi pemasara biji kakao di Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan adanya kerja sama yang baik dengan pihak pembeli yang menjadi langganan pemasaran, Dan kualitas kakao yang dipasarkan terjamin. Sedangkan yang menjadi kelemahan yaitu kurangnya promosi kegiatan usaha pemasaran biji kakao. Sementara itu, faktor eksternal yang menjadi peluang pada pemasaran biji kakao adalah perkembangan teknologi dan informasi untuk pemasaran biji kakaonya sangat mudah. Sedangkan yang menjadi ancaman pada pemasaran biji kakao yaitu persaingan dengan pedagang keliing. Strategi yang diterapkan dalam pemasara biji kakao yaitu strategi diversifikasi strategi ini lebih fokus pada sterategi S-T (strength-Threast), dimana pemasaran biji kakao mampu menggunakan kekuatan untuk menghadapi ancama yang ada.

Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Biji Kakao, SWOT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELANTIANA SETIA - Personal Name
Student ID
2004020121
Dosen Pembimbing
TOMYCHO OLVIANA - 198210292008122002 - Dosen Pembimbing 1
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Tomycho Olviana - 198210292008122002 - Ketua Penguji
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Penguji 1
Maximilian M.J. Kapa - 19580714 198403 1 003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 SET S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA