Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMAN 1 TAEKAS KEFAMENANU
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Dicussion terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri Taekas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok observasi yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Kelas Kontrol dengan metode pembelajaran Diskusi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Diskusi terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri Benlutu. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan metode Active Knowledge Sharing sebesar 84,75 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode Diskusi memiliki nilai rata-rata sebesar 74,50. Selain itu hasil uji Independent Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05.
Kata Kunci: Pengaruh, Metode, Berbagi Pengetahuan Aktif, Diskusi, Pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Angelina Stefani Kolo - Personal Name
|
Student ID |
1901090015
|
Dosen Pembimbing |
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1 Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Kol P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |