ManajemenPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD GMIT NO 7 OEBUFU Perpustakaan

Detail Cantuman

Skripsi

ManajemenPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD GMIT NO 7 OEBUFU Perpustakaan

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA Tentang Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD GMIT No 7 Oebufu?”, dengan langkah-langkah pemecahan masalah belajar perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan di SD GMIT No 7 Oebufu. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi dan tes. Jumlah subyek penelitian 20 orang siswa dengan teknik analisis data mencapai (%).
Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukan bahwa siklus I, hasil observasi dan tes siswa 12 siswa (60%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, mampu bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi dengan baik sedangkan observasi guru 75% karena guru masih kurang dalam memberikan contoh dalam menjelaskan materi. 8 siswa belum tuntas karena masih suka bermain saat pembelajaran berlangsung, kurang memperhatikan penjelasan guru dan belum bisa membedakan bentuk dan fungsi bagian tubuh tumbuhan dan belum mengerjakan soal tes dengan benar. Siklus II 20 orang tuntas, hasil observasi dan tes siswa 100% dan observasi guru 94%. Seluruh siswa tuntas karena telah mencapai hasil belajar yang diharapkan, yaitu aspek afektif santun, disiplin, dan bertanggung jawab; aspek kognitif berupa pengetahuan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan; aspek psikomotor keterampilan mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan sudah mengerjakan soal tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan pesentase ketuntasan 100%.
Kata Kunci : model make a match, bagian tubuh tumbuhan, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mario Oskar Tafob - Personal Name
Student ID
1801140043
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Taf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA