Skripsi
ManajemenPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD GMIT NO 7 OEBUFU Perpustakaan
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA Tentang Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD GMIT No 7 Oebufu?”, dengan langkah-langkah pemecahan masalah belajar perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan di SD GMIT No 7 Oebufu. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi dan tes. Jumlah subyek penelitian 20 orang siswa dengan teknik analisis data mencapai (%).
Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukan bahwa siklus I, hasil observasi dan tes siswa 12 siswa (60%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, mampu bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi dengan baik sedangkan observasi guru 75% karena guru masih kurang dalam memberikan contoh dalam menjelaskan materi. 8 siswa belum tuntas karena masih suka bermain saat pembelajaran berlangsung, kurang memperhatikan penjelasan guru dan belum bisa membedakan bentuk dan fungsi bagian tubuh tumbuhan dan belum mengerjakan soal tes dengan benar. Siklus II 20 orang tuntas, hasil observasi dan tes siswa 100% dan observasi guru 94%. Seluruh siswa tuntas karena telah mencapai hasil belajar yang diharapkan, yaitu aspek afektif santun, disiplin, dan bertanggung jawab; aspek kognitif berupa pengetahuan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan; aspek psikomotor keterampilan mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan sudah mengerjakan soal tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh pada tumbuhan menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan pesentase ketuntasan 100%.
Kata Kunci : model make a match, bagian tubuh tumbuhan, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mario Oskar Tafob - Personal Name
|
Student ID |
1801140043
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Taf P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |