PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan nilai-nilai demokrasi oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Kupang? (2) Bagaimana faktor pendorong penerapan nilai-nilai demokrasi oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Kupang? (3) Bagaimana faktor penghambat penerapan nilai-nilai demokrasi oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaaraan di SMA Negeri 2 Kupang.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan, baik data primer maupun data sekunder yang di peroleh di lapangan dianalisis dengan cara merangkai hal-hal pokok, menyajikan data kedalam bentuk kalimat yang mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 2 Kupang telah dilaksanakan dengan baik berkat kerja sama antara siswa dengan pendidik yang diwujudkan dalam nilai-nilai demokrasi, yaitu : (1) Toleransi, (2) Kerjasama, (3) Kebebasan berpendapat, (4) Kebebasan berkelompok dan (5) Kepercayaan diri. Faktor pendorong penerapan nilai-nilai demokrasi oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Kupang diantaranya yaitu : (1) Sarana prasarana, (2) Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan (3) Keteladanan dari Bapak/ibu Guru. Faktor penghambat penerapan nilai-nilai demokrasi oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Kupang diantaranya yaitu : (1) Latar belakang siswa yang berbedabeda, (2) Durasi waktu pembelajaran, (3) Kurangnya perhatan dari orang tua dan (4) Kurangnya motivasi belajar dari peserta didik.
Kata kunci : Nilai- nilai Demokrasi, pembelajaran pendidikan kewarganegaraan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elsi Novita Lenamah - Personal Name
Student ID
2001070048
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1
Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA