PERBANDINGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN DENGAN TENAGA NON-KESEHATAN DALAM PENANGANAN KIPI VAKSIN COVID-19 PADA RUMAH SAKIT DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERBANDINGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN DENGAN TENAGA NON-KESEHATAN DALAM PENANGANAN KIPI VAKSIN COVID-19 PADA RUMAH SAKIT DI KOTA KUPANG

XML

Latar Belakang : Salah satu langkah penanganan pandemi adalah dengan melakukan Vaksinasi COVID-19. Pandemi COVID-19 dapat teratasi apabila tercapai herd immunity. Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesediaan masyarakat untuk divaksin. Pentingnya peran tenaga kesehatan dan non-kesehatan dalam membangun kepercayaan masyarakat dalam program vaksinasi. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku dari kelompok tenaga kesehatan dengan non-kesehatan.
Tujuan : Mengetahui perbandingan pengetahuan dan perilaku penanganan KIPI vaksin COVID-19 antara tenaga kesehatan dengan tenaga non-kesehatan di Rumah Sakit Kartini Kupang.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitikal observasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada tenaga kesehatan dan tenaga non-kesehatan dengan tempat penelitian di Rumah Sakit Kartini Kupang dan menggunakan kuesioner yang valid dan reliabel. Penelitian dilaksanakan pada Juli hingga Agustus 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu jenis consecuetive sampling dengan jumlah responden 118 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dianalisis secara univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square.
Hasil : Pada pengetahuan didapati tenaga kesehatan yang berpengetahuan cukup ada sebanyak 60,5% sedangkan tenaga non-kesehatan yang berpengetahuan cukup ada 56,3%. Pada perilaku didapati tenaga kesehatan yang berperilaku baik ada sebanyak 74,4% sedangkan tenaga non-kesehatan yang berperilaku baik ada sebanyak 62,5%. Hasil uji bivariat menggunakan uji Chi Square analisis perbedaan pengetahuan dengan diperoleh hasil p= 0, 432 (p>0,05) sedangkan untuk analisis perbedaan perilaku diperoleh hasil p=0,297 (p>0,05).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan bermakna dari perbandingan pengetahuan dan perilaku antara tenaga kesehatan dan tenaga non-kesehatan dalam penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksin COVID-19.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, KIPI, Tenaga Kesehatan, COVID-19


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Sekar Andrea Fernandez - Personal Name
Student ID
2208020060
Dosen Pembimbing
ELISABETH LEVINA SARI SETIANINGRUM - 19790911200801201 - Dosen Pembimbing 1
Christina Olly Lada - 19720408200501 2 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jojor Sihotang - 198407222012122001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kedokteran
Kontributor
Bahasa
English
Penerbit East African Scholars Publisher : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
119. 01 Fer P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA