PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI SATAP NUNHALA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI SATAP NUNHALA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU, apa saja yang menjadi kendala bagi guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU, bagaimana upaya yang dilakukan guru PPKn dalam mengatasi hambatan dalam penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU, mendeskripsikan kendala guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU, mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PPKn dalam mengatasi hambatan penguatan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten TTU. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data secara tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan peneliti yang telah peroleh dari lapangan baik data primer maupun data sekunder dideskripsikan dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn dan siswa-siswi SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten Timor Tengah Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) kemampuan siswa SMP Negeri Satap Nunhala Kabupaten Timor Tengah Utara dalam memahami serta menerapkan nilai-nilai karakter tanggung jawab di sekolah dapat dikategorikan baik. 2) Kondisi siswa yang sangat apatis, hal ini dapat dilihat masih ditemukan beberapa siswa yang tidak mematuhi peraturan yang dibuat oleh sekolah. 3) upaya yang dilakukan guru PPKn memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa terutama dalam pembelajaran PPKn tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai karakter tanggung jawab dilingkungan sekolah sebagai wadah dalam proses penerapan nilai-nilai karakter tanggung jawab siswa serta memanfaatkan atau memanajemenkan waku pelajaran PPKn dengan baik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mersiana Berkanis - Personal Name
Student ID
2001070018
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 nis P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA