Hubungan Intensitas Nyeri Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari Pada Perawat RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Intensitas Nyeri Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari Pada Perawat RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

XML

Latar Belakang: Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan salah satu jenis musculoskeletal disorder (MSDs) yang diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti faktor pekerjaan (work-related musculoskeletal disorder). Gejala yang muncul biasanya nyeri, mati rasa dan parestesia pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah radial jari manis. Jika CTS dibiarkan terlalu lama akan menjadi penyebab nyeri jangka panjang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas nyeri carpal tunnel syndrome (CTS) dengan aktivitas pada perawat RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Besar sampel yang digunakan adalah sebanyak 31 sampel dengan teknik total sampling. Data diperoleh dari pengisian kuesioner Wong-Baker Face Pain Rating Scale (WBPRS) dan Boston Carpal Tunnel Syndrome Questionnaire (BCTQ).

Hasil: Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Spearman didapatkan nilai kemaknaan 0,00 (p ,0,05) dan nilai korelasi antar variabel sangat kuat (r=0,749).

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara intensitas nyeri carpal tunnel syndrome (CST) dengan aktivitas pada perawat RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Kata Kunci: Carpal tunnel syndrome, intensitas nyeri, gangguan aktivitas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jen Rosalinda Untajana - Personal Name
Student ID
2208020037
Dosen Pembimbing
REGINA MARVINA HUTASOIT - 197911072015042001 - Dosen Pembimbing 1
KRISTIAN RATU - 197904282008121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dyah Gita Rambu Kareri - 198111222008012018 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Profesi Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
119.01 Unt H
Copyright
Individual Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA