PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 11 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 11 KOTA KUPANG

XML

Pada proses belajar mengajar yang perlu menjadi perhatian seorang guru adalah bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, menyenangkan, menggairahkan, menarik untuk belajar, salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, misal media berbasis wordwall, sehingga dapat dapat menggairahkan motivasi belajar yang maksimal bagi para anak didiknya. Pada motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar. Hakikat motivasi belajar adalah “dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku.
Berdasarkan permasalahan di atas diperoleh rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu Apakah ada pengaruh media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn yang dilakukan dikelas VIII A SMP Negeri 11 Kota Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, dengan jenis Quasi Experimental Design. Sedangkan dalam desain penelitainnya menggunakan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 298 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus uji Independent Sample t-Tes dengan bantuan SPSS v25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data atau pengujian hipotesis dalam penelitian ini, hasilnya menunjukan bahwa Media pembelajaran Wordwall dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Pada tabel uji independent sampel t test menujukan bahwa paired sampel t-test signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu media pembelajaran berbasis wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Negeri 11 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Anggelina - Personal Name
Student ID
2001070123
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Penguji 1
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ina P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA