Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Ri Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pengadaan Dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi (Studi Kasus Di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Ri Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pengadaan Dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi (Studi Kasus Di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Program penyaluran pupuk bersubsidi adalah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk mendukung petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian dengan harga pupuk yang terjangkau. Latar belakang adanya program ini antar lain: peningkatan produksi pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani, pengendalian harga pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi (Studi Kasus di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur). Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa secara objektif, peneliti melihat bahwa Proses penyaluran Pupuk Bersubsidi di Wilayah kecamatan Borong Masih Belum Maksimal. Penelitian menggunakan teori implementasi George C. Edward III, dengan mengacu pada empat indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Peraturan menteri perdagangan RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi yang dilakukan di kecamatan borong, kabupaten manggarai timur yang dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya , disposisi, dan struktur birokrasi, secara umum belum berjalan secara efektif. Hal ini dapat dilihat dari aspek komunikasi kepada petani yang belum efektif. yaitu Penyampaian informasi yang tidak konsisten dan berkelanjutan sehingga pemahaman masyarakat tidak maksimal. Sumber daya manusia pelaksana di lapangan juga masih terbatas baik kualitas maupun kuantitasnya. Sedangkan Komitmen para pelaksana sudah cukup baik, hanya saja masih kurang dalam hal pengawasan. Struktur organisasi pelaksana Bagian pengadaan, pendistribusian, dan Bagian penyuluhan sudah cukup baik dalam menjalankan tugas. Hanya saja masih terdapat kekurangan dalam bagian pendataan petani yang terkadang masih kurang akurat.

Kata kunci: Implementasi, permendag, pengadaan dan penyaluran pupuk


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GREGORIUS RIZKY MEDI - Personal Name
Student ID
2003010255
Dosen Pembimbing
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
DELILA ANGELINA NAHAK SERAN - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 MED I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA