Skripsi
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Pada On The Rock Hotel By Prasanthi Kupang
XMLPada daerah Kota Kupang, kebutuhan akan akomodasi semakin meningkat sehingga mengakibatkan menjamurnya pertumbuhan Hotel di Kota Kupang. Hotel sendiri merupakan penyediaan akomodasi secara harian berupa kamar-kamar di dalam satu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makanan dan minuman, kegiatan hiburan serta fasilitas lainnya. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bidang industri pariwisata terutama penyedia akomodasi berupa hotel, maka diperlukan strategi pemasaran yang efisien dan efektif untuk menjawab kebutuhan serta keinginan konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui bauran pemasaran jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menginap pada On The Rock Hotel By Prasanthi Kupang.
Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Keputusan Menginap sebagai variabel terikat, Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), Bukti Fisik (X7) sebagai variabel bebas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik aksidental sampling, dengan sampel sebesar 100 orang dengan kriteria minimal pernah menginap selama dua malam dan berusia 20 tahun ke atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis regresi linear berganda.
Dari hasil analisis diketahui bahwa aspek Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses dan Bukti Fisik secara signifikan mempengaruhi Keputusan Menginap baik secara simultan maupun parsial sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dari hasil analisis juga dapat dibuat persamaan matematisnyaY =3,496 + 0,336 + 0,546 + 0,402 + 0332, + 0,250 + 0,112 + 0,114.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, rata-rata skor tertinggi adalah variabel produk sebesar 4,826 sementara rata-rata skor terendah adalah variabel proses dengan skor sebesar 4,287. Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa sebesar 91,7% keputusan menginap pada On The Rock Hotel By Prasanthi Kupang dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran jasa, sedangkan 8,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Bukti Fisik, Keputusan Menginap
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CINDI DESERLIN TANEO - Personal Name
|
Student ID |
1903020007
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
ARJUNA PURBA - - Penguji 1 Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 TAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |