Persepsi Masyarakat Terhadap Program Kepemilikan Rumah Subsidi (Studi Kasus Perumahan Palma Residance PT. Helong Persada Makmur)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Masyarakat Terhadap Program Kepemilikan Rumah Subsidi (Studi Kasus Perumahan Palma Residance PT. Helong Persada Makmur)

XML

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Saat ini dikenal ada 2 jenis KPR antara lain: KPR subsidi yaitu suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. KPR non subsidi yaitu suatu KPR yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan Persepsi Masyarakat Terhadap Program Kepemilikan Rumah Subsidi di Perumahan Palma Residance (PT. Helong Persada Makmur) dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor-faktor penghambat Program Kepemilikan Rumah Subsidi di Perumahan Palma Residance (PT. Helong Persada Makmur). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informen yang menjadi narasumber penelitian ini adalah Pemerintah (Dinas Perumahan Rakyat), Direktur Pemasaran Palma Residance, Pihak Perbankan dan Masyarakat Kelurahan Kolhua. Jadi, total informen dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Indikator dalam penelitian ini pelaku persepsi, pertama sikap masyarakat terhadap kepemilikan KPR. Kedua, tanggapan masyarakat mengenai faktor penghambat kepemilikian KPR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang kepemilikan KPR dan faktor penghambat kepemilikan KPR yaitu program KPR subsidi ini medapat respon yang sangat tinggi dari masyarakat tebukti dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan data yang didapatkan melalui wawancara total sebanyak 13 orang yang berhasil mendapatkan rumah subsidi dan yang tidak mendapatkan sebanyak 5 orang. Hal ini tentu menjadi capaian yang positif bagi pemerintah karena berhasil menyalurkan program KPR subsidi, pada pelaksanaannya dilapangan ditemui persoalan-persoalan menyangkut penyaluran KPR subsidi kepada masyarakat dan disini diperlukan komitmen yang tinggi dari semua stekholder, pemerintah sebagai pembuat program untuk menerapkan aturan dan pengawasaan, perbankan sebagai penyedia jasa keuangan, dan tentunya yang paling penting adalah komitmen developer untuk menjalankan program ini dapat berhasil dan tepat sasaran.

Kata kunci : persepsi, masyarakat, program kepemilikan rumah subsidi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Gilton Carlos Bistolen - Personal Name
Student ID
1703010205
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Bis P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA