IMPLEMENTASI BUDAYA DEMOKRASI PADA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMA NEGERI 1 LOBALAIN KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI BUDAYA DEMOKRASI PADA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMA NEGERI 1 LOBALAIN KABUPATEN ROTE NDAO

XML

Pengembangan budaya demokrasi pada Osis di SMA Negeri 1 Lobalain berjalan baik dengan dilaksanakannya kultur atau nilai-nilai demokrasi pada osis yaitu toleransi, kebebasan berpendapat, keterbukaan, komunikasi, saling menghargai dan kebersamaan. Dalam mengembangkan budaya demokrasi pada Osis sekolah memberi kebebasan berpendapat, mengajarkan kepada siswa untuk menghargai perbedaan, toleransi, dan melaksanakan pemilihan pengurus Osis serta menjalin komunikasi dengan siswa. Pengembangan budaya demokrasi pada osis didukung adanya sikap saling menghargai perbedaan, guru yang mengejarkan sikap toleransi, sikap percaya diri siswa dalam berpendapat, disiplin, loyalitas pada organisasi, saling percaya dan menyadari kepentingan bersama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan implementasi budaya pada osis di SMA Negeri 1 Lobalain, (2) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk budaya demokrasi siswa di sekolah khususnya dalam organisasi kesiswaan (Osis) di SMA 1 Lobalain penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dukumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data, pengajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi budaya demokrasi pada organisasi intra sekolah (osis) ialah mempunyai kebersamaan berpendapat, mempunyai hak dan kewajiban dalam setiap proses pembentukan osis di sekolah. (2) peran guru dalam membentuk budaya demokrasi siswa di sekolah khususnya dalam osis ialah pendamping dan pembimbing bagi anggota osis dalam memahami prinsip-prinsip demokrasi serta mengembagkan ketrampilan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ivana Monalysa Bessie - Personal Name
Student ID
2001070116
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 sie I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA