Skripsi
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SOLOR BARAT
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas Ekonomi di SMAN 1 Solor Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI IPS sebanyak 78 orang dan sampel sebanyak 65 orang yang dipilih dengan menggunakan metode Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa fasilitas belajar memberikan dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, begitu juga dengan motivasi belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan dan bermanfaat terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA 1 Solor Barat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang sukses dalam disiplin ilmu ini. Menurut penelitian ini, guru hendaknya menawarkan kepada siswa fasilitas belajar yang memenuhi kebutuhan mereka dan memotivasi mendorong mereka untuk belajar dengan giat dan penuh perhatian di rumah serta di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yohanes Kristomus Keray - Personal Name
|
Student ID |
1901080030
|
Dosen Pembimbing |
Ari Data - 197209022003121003 - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Ker P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |