Manajemen Perpustakaan

Detail Cantuman

Skripsi

Manajemen Perpustakaan

XML

Latar Belakang: Tindakan pencegahan COVID-19 yang benar hanya dapat dilakukan jika memiliki pengetahuan yang benar. Upaya meningkatkan pengetahuan pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan pemberian edukasi kesehatan tentang pencegahan COVID-19 salah satunya dengan menggunakan media video.
Tujuan: Untuk mengetahui efektifitas media video terhadap peningkatan pengetahuan tentang pencegahan COVID-19 pada mahasiswa baru Universitas Nusa Cendana.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperiment design dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test design. Besar sampel dihitung menggunakan rumus besar sampel untuk uji beda rerata 2 populasi. Rumus ini dipilih untuk membandingkan rerata tingkat pengetahuan pre-test dan post-test sebanyak 233 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi indikator – indikator pertanyaan yang diadaptasi dengan memperhatikan Survey Tool and Guidance dari WHO dan menggunakan video animasi COVID-19 tentang pencegahan COVID-19 setelah bepergian keluar rumah yang berdurasi 4 menit 22 detik. Uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui normalitas data. Karena data tidak terdistribusi normal, digunakan uji wilcoxon t-test.
Hasil: Berdasarkan uji statistik dengan wilcoxon t-test pada responden pre-test dan post-test didapatkan p = 0.000 atau p < 0,05 berarti terdapat perbedaan signifikan tingkat pengetahuan pencegahan COVID-19 setelah berpergian ke luar rumah sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan melalui media video.
Kesimpulan: Media video efektif terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan COVID-19 setelah berpergian.
Kata kunci : Video, tingkat pengetahuan, COVID-19.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dian Novita Rahmah - Personal Name
Student ID
2208022002
Dosen Pembimbing
KRESNAWATI WAHYU SETIONO - 198701082014042001 - Dosen Pembimbing 1
Arley - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.dr. Christina Olly Lada, S.Ked, M.Gizi - 197204082005012002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Profesi Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Rah E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA