Memahami Sejarah Praktek Demokrasi Lokal (Trias Politika) (Studi Kasus di Desa Lewolaga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Memahami Sejarah Praktek Demokrasi Lokal (Trias Politika) (Studi Kasus di Desa Lewolaga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Praktek Demokrasi Lokal (studi kasus pada suku koten,kelen,hurit maran di desa Lewolaga, kecamatan Titehena, kabupaten Flores Timur). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana praktek demokrasi lokal pada suku koten, kelen, hurit maran dan apa yang menyebabkan memudarnya fungsi/peran suku koten,kelen,hurit maran dalam praktek demoktasi lokal. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memahami, menganalisis dan mengetahui bagaimana kemudian praktek Demokrasi Lokal (Studi Kasus pada Suku Koten, Kelen, Hurit Maran di Desa Lewolaga, Kecataman Titehena, Kabupaten Flores Timur). Hasil penelitian ini menemukan bahwa praktek demokrasi lokal yang ada di desa Lewolaga dapat dilihat dari adat istiadat yaitu Koten (sebagai eksekuif), Kelen (sebagai legislatif), Hurit Maran (sebagai yudikatif) didalam kehidupan sosial masyarakat yang dimana memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Koten (ketua adat), ketua adat selaku suku koten mempunyai peran yang sangat penting dalam upacara adat. Dimana ketua adat selaku suku koten yang mempunyai kuasa dan wewenang dalam memimpin suatu upacara adat yang terjadi di desa Lewolaga. Kelen (pengantara), pengantara selaku suku kelen mempunyai peran yakni menyampaikan semua informasi sebagai pengantara yang di sampaikan oleh ketua adat dalam upacara adat kepada masyarakat lewolaga untuk di tindaklanjut dalam kehidupan bermasyarakat dan menyampaikan aspirasi masyarakat dalam kehidupan adat istiadat. Hurit Maran (Pengawas peraturan/ hukum adat yang berlaku) suku Hurit Maran juga mempunyai peran yang sangat penting yakni mengadili orang yang melakukan pelanggaran atau kesalahan sesuai adat istiadat yang berlaku di lingkungan masyarakat Lewolaga.

Kata kunci : Memahami Sejarah Praktek Demokrasi Lokal (Trias Politika) dan Suku Koten, Kelen, Hurit Maran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yustina Ero Gening - Personal Name
Student ID
1703040095
Dosen Pembimbing
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Dosen Pembimbing 1
Rex Tiran - 199111292019031013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Ketua Penguji
Rex Tiran - 199111292019031013 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Gen M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA