Skripsi
Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI) Dengan Bantuan Media Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Sederhana Kelas II Di SD GMIT Oematanunu
XMLTujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD GMIT Oematanunu pada materi pecahan sederhana dengan menggunakan pendekatan PMRI dan papan pecahan. Beberapa metode, termasuk hasil evaluasi, observasi aktivitas siswa, dan observasi aktivitas guru, digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 27 siswa kelas II SD GMIT Oematanunu menjadi subjek penelitian. Ada empat tahap dalam proyek penelitian tindakan kelas (PTK) ini: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, 15 siswa (55,5%) dari 27 siswa pada siklus I berhasil mencapai nilai rata-rata 76,10 karena mereka terlibat dalam proyek kelompok, selalu mendengarkan guru, dan menjawab pertanyaan. Sebaliknya, 12 siswa (44,4%) lainnya kurang terlibat dalam proyek kelompok, kurang memperhatikan penjelasan, dan ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan. Pada siklus II, hasil belajar juga mengalami peningkatan. Enam siswa, atau 22% dari total siswa, juga mengalami peningkatan hasil belajar namun belum memenuhi nilai KKM yang disyaratkan. Dari 27 subjek yang mendapat nilai rata-rata 84,3%, 21 siswa tuntas (77,7%). Perilaku siswa yang kooperatif, keberanian siswa dalam menyuarakan pendapat mereka, kebiasaan di kelas yang rapi, dan peningkatan perhatian terhadap penjelasan guru merupakan faktor yang yang berpengaruh terhadap peningkatan tersebut.
Kata kunci: pendekatan PMRI, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SIBA ERNI SEPRIYANTI MALAIMOI - Personal Name
|
Student ID |
1901140288
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |