Skripsi
Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Trigonometri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang
XMLDesain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Trigonometri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang
Fransiskus Renaldi Wangge (1901030062), Pembimbing I, Dr. Damianus D. Samo, M.Pd.; Pembimbing II, Irna K. S. Blegur, M.Pd.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah adalah dengan melakukan perbaikan pada kurikulum. Kurikulum yang diciptakan sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, dimana pembelajaran yang dirancang menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi trigonometri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: Preparing for the Experiment, Design Experiment, dan Retrospective Analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi khususnya diferensiasi konten pada materi trigonometri sesuai dengan kemampuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran berdiferensiasi konten efektif untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan presentase keefektifan klasikal adalah 64,28%.
Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Trigonometri.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fransiskus Renaldi Wangge - Personal Name
|
Student ID |
1901030062
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Fra D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |