Skripsi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rote Timur
XMLPenelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rote Timur. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rote Timur Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, pengumpulan data menggunakan tes/soal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa terdiri dari Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rote Timur. Kelas XI IPS 2 sebagai Kelas perlakuan yaitu dengan model pembelajaran problem based Learning dan Kelas XI IPS 1 sebagai Kelas Kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Berikut ini hasil uji Independent Sample t-Test sebagai berikut pengujian independent T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-ratanya Kelas Kontrol adalah 79.16 dengan standar deviation 7.887 dan nilai rata-rata Kelas Eksperimen 85.83 dengan standar deviation 7.996. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based Learning, dengan siswa Kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional.
Kata kunci : Model Pembelajaran problem based Learning, Hasil Belajar Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sehrayanto A. Toring - Personal Name
|
Student ID |
1901080035
|
Dosen Pembimbing |
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Markus U.K.Yewang. - 19641223 199403 1 002 - Ketua Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 1 Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Tor P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |