“Analisis Geometri Jalan Tambang Pada Penambangan Sirtu di CV. Sumber Karunia, Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur”

Detail Cantuman

Skripsi

“Analisis Geometri Jalan Tambang Pada Penambangan Sirtu di CV. Sumber Karunia, Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur”

XML

CV. Sumber Karunia adalah salah satu perusahaan swasta nasioanal yang bergerak dalam bidang pertambangan sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Batuan dengan luas wilayahnya seluas 5 Ha. Lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) batuan ini terletak di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sistem penambangan yang akan dilakukan oleh CV. Sumber Karunia adalah metode penambangan terbuka (quarry) dengan cara menggali endapan batu dan pasir pada bagian tengah alur sungai menggunakan excavator dan dump truck sebagai alat angkut. Sebelum menentukan geometri jalan yang akan dibuat maka perlu diketahui spesifikasi alat angkut yang akan digunakan. Jalan yang baik akan mendukung terpenuhinya target produksi yang diinginkan agar dapat meningkatkan nilai efesiensi dan efektifitas kerja alat angkut serta tingkat keamananya dalam operasional penambangan.Metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya Pembagian segmen jalan angkut didasarkan pada kondisi jalan angkut (jalan lebar lurus, jalan tikungan,kemiringan jalan (grade), kemiringan melintang (cross fall ),jari-jari tikungan dan superelevasi Pada geometri jalan dibutuhkan pelebaran jalan, perbaikan grade, perbaikan crossfall dan perbaikan pengamanan jalan, perbaikan ini bertujuan agar proses pengangkutan sirtu berjalan dengan lancar. Apabila perbaikan ini terkendala oleh pembebasan tanah warrga, maka dibutuhkan perawatan secara rutin pada badan jalan sehingga tidak terjadi penyempitan lebar jalan akibat adanya tumpukan tanah sisa perbaikan jalan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EMA NAOMI BANG - Personal Name
Student ID
2006100040
Dosen Pembimbing
YUSUF RUMBINO - 197012142000121001 - Dosen Pembimbing 1
Matilda Metboki - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusuf Rumbino - 197012142000121001 - Ketua Penguji
Matilda Metboki - - Penguji 1
Henda Viktor Risano Taopan - 196603181997031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
31201
Edisi
Published
Departement
Teknik Pertambangan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
312.01 Bang A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA