DESAIN HYPOTETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR KONTEKS MOTIF TENUN DI KELAS IV SDI SAMBIKOE

Detail Cantuman

Skripsi

DESAIN HYPOTETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR KONTEKS MOTIF TENUN DI KELAS IV SDI SAMBIKOE

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran bangun datar segitiga menggunakan matematika realistik konteks motif tenun di SD Inpres Sambikoe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 4 siswa pada siklus pilot experiment dan 12 siswa pada siklus teching experiment. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Sambikoe. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, pedoman wawancara. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif.
Adapun hasil penelitian ini yaitu suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait keliling dan luas segitiga di SD Inpres Sambikoe kelas IV. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri atas 5 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah motif tenun. Siswa diminta untuk mengamati motif tenun dan menentukan jenis segitiga yang terdapat dalam motif tersebut. Lalu, siswa menggambar bangun datar segitiga dan menentukan sifa-sifatnya. Setelah itu, siswa mencari keliling segitiga dengan menghitung banyaknya kotak yang dilalui setiap garis segitiga, kemudian siswa menentukan luas segitiga dengan menggambar sebuah bangun persegi dari segitiga untuk menemukan luas segitiga. Kemudian, siswa menyimpulkan rumus keliling dan luas segitia.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Macici Yeni - Personal Name
Student ID
1801030052
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1
Fransiska Atrik Halim - 199604022022032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 eni D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA