KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 INSANA MELALUI PENGAMATAN OBJEK SEJARAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 INSANA MELALUI PENGAMATAN OBJEK SEJARAH TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Insana Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks eksposisi melalui pengamatan objek sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi melalui pengamatan objek sejarah dengan memperhatikan struktur, isi dan aspek kebahasaan teks. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Belajar Konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Insana Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 orang yang diteliti, terdapat 4 atau setara dengan 18,18% siswa yang dikategorikan sangat baik, 3 atau setara dengan 13,64% siswa dikategorikan baik, 4 atau setara dengan 18,18% siswa dikategorikan cukup baik, serta 11 atau setara dengan 50% siswa dikategorikan kurang baik. Berdasarkan presentase perolehan nilai, terdapat 11 atau setara dengan 50% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan 11 atau setara 50% siswa lainya tidak mencapai ketuntasan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Insana Tahun Ajaran 2022/2023 belum mampu menulis teks eksposisi. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah siswa yang belum mencapai KKM 70 berjumlah 11 siswa dengan presentase 50%, dan yang mencapai KKM berjumlah 11 orang dengan presentase 50%. Sedangankan pembelajaran dikatakan berhasil apabila 80% dari seluruh siswa mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pembelajaran Menulis Teks Eksposisi SMP Negeri 1 Insana dapat menggunakan metode pembelajaran tertentu yang dapat memaksimalkan kemampuan siswa dalam menulis teks.

Kata kunci: kemampuan, menulis, teks eksposisi, objek, sejarah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aprilinda Afoan Sawu - Personal Name
Student ID
1801010161
Dosen Pembimbing
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Saw K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA