Kekerasan Seksual Dalam Hubungan Berpacaran Pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Kekerasan Seksual Dalam Hubungan Berpacaran Pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

XML

Pacaran adalah hubungan antara dua insan manusia yang saling mencintai dan memiliki visi dan misi yang sama. Pacaran berfungsi sebagai tahap pencocokan diri dan bertujuan untuk menuju hubungan yang lebih serius, namun sering kali dalam hubungan berpacaran diwarnai dengan kekerasan. Kekerasan dalam hubungan berpacaran adalah fenomena yang sering terjadi disekitar kehidupan dan menempati peringkat ke dua kasus kekerasan terhadap perempuan, namun masih banyak orang bahkan korban tidak menyadari hal tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenalogi dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan penelitian adalah mahasiswa Universitas Nusa Cendana di Kota Kupang yang terdiri dari 7 (tujuh) orang sebagai korban kekerasan seksual dalam hubungan berpacaran. Tujuan penelitian ini untuk menemukan faktor penyebab terjadinya kekerasan seksual dalam hubungan berpacaran pada mahasiswa universitas nusa cendana. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kekerasan seksual dalam hubungan berpacaran disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pengetahuan dan keterampilan menghindari kekerasan, mispersepsi diri, tidak merasa bersalah, afeksi dan harapan, ketidakmampuan mengungkapkan ketidaksetujuan, dorongan seksual dan sikap manipulatif, adapun faktor yang paling dominan adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan menghindari kekersan dan mispersepsi diri. Faktor eksternal meliputi tidak adanya batasan-batasan yang jelas dalam hubungan berpacaran, lemahnya hubungan anak dan orang tua dan riwayat kekerasan.
Adapun dampak yang ditimbulkan pada fisik berupa memar, kemerahan, luka dan bekas luka, rasa sakit pada vagina, kesulitan bernapas. Dampak psikologis dari kekerasan seksual berupa timbulnya rasa curiga, berprasangka buruk, rasa takut, bermimpi buruk. Hasil penelitian diharapkan dapat menyumbang informasi dan bahan edukasi bagi baik pemerintah, lembaga masyarakat dan individu khususnya mahasiswa mengenai kekerasan seksual dalam hubungan berpacaran khususnya faktor penyebab kekerasan seksual.


Kata Kunci : Kekerasan seksual, berpacaran, mahasiswa, Undana.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sherly Aprilia Atty - Personal Name
Student ID
1701170008
Dosen Pembimbing
Erni Raster Klau, S. Psi., M. A - - Dosen Pembimbing 1
Gallex Simbolon, S.Pd, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khetye R. Saba, S.Psi. MA - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862 05 Shr A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA