Peran Sekolah Dalam Menunjang Pendidikan Di Sekolah Dasar Katolik Wee Lima, Di Desa Mata Wee Lima Kecamatan Wewewa Timur Kabupeten Sumba Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Sekolah Dalam Menunjang Pendidikan Di Sekolah Dasar Katolik Wee Lima, Di Desa Mata Wee Lima Kecamatan Wewewa Timur Kabupeten Sumba Barat Daya

XML

Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran sekolah dalam menunjang pendidikan di sekolah dasar katolik di Desa Mata Wee Lima Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya. Teori yang digunakan adalah teori peran yang di kembangkan oleh Robert Linton. Teknik Pengumpulan data yaitu dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari setiap informan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Data yang dikunpulkan kemudian di analisis secara kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah delapan (8) orang yaitu, Kepala Sekolah, tiga guru kelas(3), Komite Sekolah dan 3 orang Siswa di SD katolik Wee Lima. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah melalui pembinaan guru-guru guna lebih memperhatikan proses belajar anak didik. Kepala sekolah ikut serta mengajar dalam kelas dan melakukan pemeriksaan setiap hari senin untuk mencek kehadiran anak-anak didik. Peran sekolah dalam menunjang pendidikan anak, orang tua, kepala sekolah dan guru-guru berperan aktif. Peran sekolah seperti kepala sekolah melakukan pertemuan rutin dengan guru-guru, guna memberikan penekanan kepada anak-anak agar lebih fokus belajar dalam sekolah. Selain itu pihak sekolah dapat bekerjasama antara orangtua siswa untuk bersama-sama memperhatikan pentingnya pendidikan anak dalam membentuk karakter setiap siswa dan mengadakan evaluasi terhadap anak didik dengan cara mendidik,mengajarkan,mengarahkan,membimbing siswa dalam bersikap jujur,sopan. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah bahwa peran kepala sekolah dalam melakukan koordinir, mengadakan pelatihan-pelatihan bersama-sama guru serta kepala sekolah juga dapat mengisi waktu kosong untuk melakukan proses belajar mengajar dan peran guru dalam proses belajar mengajar adalah mendidik, membimbing serta mengarahkan siswa-siswi agar terus belajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dan komite sekolah dapat mendukung proses pelaksanaan program kerja serta memiliki peran yang mengidentifikasikan sumber daya pendidikan yang ada di sekolah. Saran dalam penelitian ini Bagi kepala sekolah diharapkan mengupayakan peningkatan pemahaman orangtua siswa terhadap pendidikan karakter anak terutama pada lingkungan keluarga dan guru dalam menjalankan tugas diharapkan memiliki seperangkat kemampuan baik dalam bidang yang akan disampaikan seperti dalam mengawasi, mendidik, membina dan mengembangkan kemampuan siswa baik personil, profesional maupun sosial dan bagi komite sekolah diharapakan mendukung program kerja sekolah, untuk meningkatkan fasilitas baik yang dibutuhkan guru maupun siswa khususnya dalam proses pembelajaran. Agar mampu memaksimalkan peran guru dalam menunjang pendidikan dalam proses kegiatan belajar mengajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Roswita Leni Kaza - Personal Name
Student ID
1634030039
Dosen Pembimbing
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 KAZ P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA