Komunikasi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Bagi Calon Siswa (Studi Kasus pada Humas SMKN 2 Kota Soe)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Bagi Calon Siswa (Studi Kasus pada Humas SMKN 2 Kota Soe)

XML

Penelitian ini membahas tentang srategi komuikasi pemasaran sekolah, dengan fokus pada SMKN 2 Soe sebagai studi kasus. Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk mempeloleh keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan SMKN 2 Soe dalam meningkatkan minat calon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Teori yang mendasari penelitian adalah teori komunikasi pemasaran yang membantu dalam memahami bagaimana pesan-pesan pemasaran disampaikan kepada target audiens melalui berbagai saluran komunikasi. Dalam era digital, sekolah mengadopsi platform seperti situs web dan media sosial untuk berkomunikasi. Strategi ini perlu terarah dan efektif, melibatkan identifikasi target audiens, pemahaman kebutuhan mereka, dan pengembangan pesan yang menarik. Tujuan pemasaran pendidikan melibatkan memberikan informasi, meningkatkan minat, membedakan produk sekolah, menekankan nilai lebih, dan menstabilkan eksistensi sekolah. Berdasarkan data hasil penelitian maka stategi komunikasi pemasaran sekolah yang digunakan SMK N 2 SoE, dalam penelitian yang di lakukan peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran digunakan SMKN 2 SoE yaitu strategi marketing mix yang di kenal dalam istilah 4P, yaitu Product, Price, Place,dan Promotion. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar SMKN 2 Kota SoE meningkatkan pemahaman tentang preferensi calon siswa dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih terarah dan efektif. Melibatkan pihak terkait dalam perncanaan dan implementasi strategi pemasaran serta meningkatkan penggunaan media sosial dan teknologi informasi dapat menjadi langkah-langkah efektif. Selain itu memperkuat kerjasama dengan pihak terkait di komunitas lokal juga dapat membantu dalam memperluas jangkauan promosi sekolah.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Sekolah, Strategi Pemasaran Sekolah, Pendidikan, SMK N 2 Soe.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APRIDONI NUBATONIS - Personal Name
Student ID
1803050190
Dosen Pembimbing
SILVANIA STELLA EPIPHANIA MANDARU - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 NUB K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA