Skripsi
Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Kematangan Karier Pada Peserta Didik Kelas XI-XII SMAKr Pandhega Jaya Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan kematangan karier pada peserta didik kelas XI-XII SMA Kristen Pandhega Jaya. Regulasi diri dalam belajar mencakup kemampuan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi aktivitas belajar secara mandiri, sementara kematangan karier melibatkan kesiapan dalam membuat keputusan karier yang matang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 58 peserta didik. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala regulasi diri dalam belajar dan skala kematangan karier, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan kematangan karier (r = 0,543, p < 0,05), mengindikasikan bahwa peserta didik dengan regulasi diri dalam belajar yang baik cenderung memiliki kematangan karier yang lebih tinggi begitupun sebaliknya peserta didik dengan regulasi diri dalam belar yang rendah cenderung memiliki kematangan karier yang rendah. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya program pengembangan regulasi diri dalam belajar untuk mendukung kematangan karier peserta didik.
Kata Kunci : Regulasi diri dalam belajar, kematangan karier, Peserta didik SMA, Kolerasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VINSENSO MARIA FRANSISKA TABELAK - Personal Name
|
Student ID |
2007020141
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yeni Damayanti - 198206182014042001 - Ketua Penguji
Mernon Y. C. Mage - - Penguji 1 R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
73201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Psikologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
732.01 TAB H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |