Analisis Perbedaan Produktivitas Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Yang Menggunakan Benih Bersertifikat Ciherang Dengan Benih Tidak Bersertifikat Di Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Perbedaan Produktivitas Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Yang Menggunakan Benih Bersertifikat Ciherang Dengan Benih Tidak Bersertifikat Di Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang

XML

Sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian nasional. Salah satu komoditi pertanian. Pangan merupakan kebutuhan pokok yang menjadi esensi kehidupan manusia, hak atas pangan menjadi bagian sangat penting dari hak asasi manusia. Untuk mempertahankan swasembada pangan khususnya beras, disamping penggunaan faktor-faktor produksi juga sangat ditentukan oleh tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, seperti pemilihan benih. Komponen produksi yang pada saat ini memang mempunyai peranan penting dalam arti strategis dalam rangka meningkatkan produktivitas tanaman pangan adalah benih bermutu dari varietas unggul. Oleh karena itu, penggunaan benih yang tepat sangat berpengaruh dalam menentukan produksi yang diperoleh petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan dan produktivitas usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat ciherang dan benih yang tidak bersertifikat di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.
Metode dasar penelitian adalah analisis kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu Kecamatan Kupang Timur karena Kecamatan Kupang Timur merupakan daerah yang memiliki usahatani padi sawah dan turut adil dalam menyumbang produksi padi di Kabupaten Kupang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji “tindependen untuk mengetahui perbedaan pendapatan dan produktivitas petani yang menggunakan benih bersertifikat ciherang dengan petani yang menggunakan benih non sertifikat di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ho ditolak, Ha diterima, yaitu pendapatan petani padi bersertifikat ciherang lebih besar dibandingkan pendapatan petani non sertifikat. Analisis pendapatan bersih usahatani menunjukkan pendapatan usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat ciherang lebih besar daripada pendapatan usahatani padi sawah menggunakan benih non sertifikat. (2) Dari hasil perhitungan prbedaan produktivitas lahan dengan melakukan pengujian statistik uji tindependen dengan memperlihatkan nilai thitung > ttabel (3,540 > 1,666), pada derajat kebebasan (df) =70 dan taraf nyata (α) = 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dapat dibuktikan bahwa pendapatan dan produktivitas padi bersertifikat lebih tinggi dibandingkan pendapatan dan produktivitas padi non sertifikat.

Kata Kunci: Usahatani Padi, Benih Bersertifikat, Pendapatan dan Produktivitas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JUBLINA TAKAEB - Personal Name
Student ID
1804020144
Dosen Pembimbing
MADE TUSAN SURAYASA - 19590718 198792 1 001 - Dosen Pembimbing 1
ALFETRI N P LANGO - 195907171986031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MADE TUSAN SURAYASA - 19590718 198792 1 001 - Ketua Penguji
Alfetri N P Lango - 195907171986031003 - Penguji 1
Marthen R Pellokila - 19650317 198903 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 TAK A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA