Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi Kasus Di Pantai Oetune)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi Kasus Di Pantai Oetune)

XML

Dinas Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Selatan berperan dalam mengembangkan objek wisata Pantai Oetune sebab merupakan tempat wisata yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan pendapatan daerah. Solusi-solusi yang dimaksud adalah strategi terkait pengembangan objek wisata Pantai Oetune agar dapat berkembang dan menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi Kasus Di Pantai Oetune). Strategi pengembangan dianalisa menggunakan 3 dimensi yang dikemukakan oleh Mintzberg, Lampel, dan Quinn, Ghoshall (2003), yaitu Tujuan, Kebijakan, dan Program. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Dimensi Tujuan masih belum tercapai sebab terdapat permasalahan keterbatasan anggaran, permasalahan pengembangan ekonomi, fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai, masyarakat tidak berpartisipasi dalam mengawasi pengelolaan di Pantai Oetune, tidak tersedianya tenaga penjaga pantai dan tenaga medis. (2) Dimensi Kebijakan, pada sub fokus pertama yakni pengembangan usaha kecil mikro terdapat permasalahan dalam program pengembangan kelompok Sadar Wisata dan pelaku usaha mandiri tidak merasakan dampak dari kebijakan yang ada. Namun pada sub fokus kedua yakni pembatasan aktivitas yang berpotensi mempengaruhi keunikan dan keaslian di Pantai Oetune sudah cukup dilaksanakan dengan baik, terdapat peraturan yang melarang eksploitasi sumber daya alam. (3) Dimensi Program belum di terapkan dengan baik sebab partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekonomi yang rendah dan tidak tersedianya anggaran yang menyebabkan pemeliharaan di lokasi destinasi tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, kesimpulan hasil penelitian strategi Dinas Pariwisata dalam pengembangan di Pantai Oetune dilihat dari dimensi tujuan, kebijakan dan program belum berjalan dengan baik sehingga berdampak pada menurunya pengembangan ekonomi dan menghambat pengembangan pengelolaan di Pantai Oetune. Sebaiknya Dinas Pariwisata menyediakan anggaran untuk pengembangan di Pantai Oetune serta memberikan perhatian khusus terhadap pelaku Usaha Kecil Mikro dan bekerja sama dengan pihak swasta untuk mendukung pengembangan di Pantai Oetune.

Kata kunci : Strategi Dinas Pariwisata, Pengembangan dan Potensi Wisata Alam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MIKHAEL TEGUH DWIDAYAT - Personal Name
Student ID
2003010023
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 DWI S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA