Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG
XMLPendekatan yang di gunakan dalam riset ini yakni quasi eksperimen, dengan metedologi kuantitatif di SMA Negeri 4 Kota kupang, dengan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa, terlihat dari nilai Ulangan Tengah Semester (UTS). Tujuan dari penelitian ini untuk meninggkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan tes saat mengumpulkan data, tes diuji kepada 72 sampel dari 143 populasi, data yang sudah di kumpulkan dari hasil tes kemudian di olah menggunakan aplikasi SPSS ver25. Temuan penelitian ini bahwa Kelas XI IPS5 ( Kelas Kontol) pada pos test 3 siswa tuntas (8%) dan 33 tidak tuntas (92%) kelas XI IPS6 (Kelas Eksperimen) post tes 21 tuntas (58%) 15 tidak tuntas (42%) atau thitung =2,835 > ttabel =1,667. Hipotesis H1 yang menunjukan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran pemecahan masalah dengan taraf sig =0,008<0,05 Selain itu, H2 menjelaskan bahwa siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Kupang yang menggunakan model pemecahan masalah memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model konvensional.
Kata Kunci: Problem Solving, Konvesional, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Irwan Aronan D. Kause - Personal Name
|
Student ID |
2001080032
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Agustina Butar-Butar - - Ketua Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 1 Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Kau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |