HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMTK SETIA SUMBA WAIMANGURA

Detail Cantuman

Skripsi

HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMTK SETIA SUMBA WAIMANGURA

XML

Interaksi sosial yang baik akan memampukan peserta didik untuk membangun hubungan yang baik pula dalam lingkungan sekitar. Namun interaksi sosial yang terjalin tidak selalu sesuai dengan norma sosial yang berlaku, sehingga dapat menimbulkan muncul tindakan agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran interaksi sosial siswa kelas XI SMTK Setia Sumba Waimangura (2) Gambaran perilaku agresif siswa kelas XI SMTK Setia Sumba Waimangura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMTK Setia Sumba Waimangura dengan jumlah populasi 72 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni total sampling sehingga diambil seluruh jumlah dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket interaksi sosial dan angket perilaku agresif. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan program SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) interaksi sosial siswa dominan berada pada kategori sangat baik dengan presentase 58%, (2) perilaku agresif dominan berada pada kategori sangat rendah dengan presentase 58%. Analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa antara interaksi sosial dengan perilaku agresif memiliki hubungan yang signifikan dibuktikan dengan nilai r hitung -0,662 > r tabel 0,23.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara interaksi sosial dan perilaku agresif siswa kelas XI SMTK Setia Sumba Waimangura. Artinya semakin tinggi interaksi sosial maka semakin rendah perilaku agresif siswa kelas XI SMTK Setia Sumba Waimangura.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Perilaku agresif, Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Biartris Trisna Beke - Personal Name
Student ID
1901160099
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Dosen Pembimbing 1
Katharina E.P. Korohama, S.Pd., M. Pd - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Ketua Penguji
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 1
Imanuel Y.P.Bili Bora - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Bek B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA