Pengaruh Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Tentang Perpindahan Kalor Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIT Haunomaten Kecamatan Amanuban Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Tentang Perpindahan Kalor Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIT Haunomaten Kecamatan Amanuban Timur

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah Untuk membuktikan adanya pengaruh signifikan metode eksperimen dalam pembelajaran tentang perpindahan kalor terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD GMIT Haunomaten Kecamatan Amanuban Timur.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experimental dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan design penelitian yaitu jenis one group pretest – posttest design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan (treatment) akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Haunomaten yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen pengukuran yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 57.31 dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan metode eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 83.48. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS16 dilakukan dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi Ternyata α = 0,05 lebih kecil dari nilai sig atau (0,05 < 0,069), maka Ha diterima dan Ho ditolak.Dan dengan menggunakan metode eksperimen dapat menumbuhkan cara berpikir rasional dan ilmiah pada siswa dan membuat siswa belajar secara aktif dan mandiri, siswa percaya diri pada kebenaran apa yang telah dibuktikan melalui percobaan. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA khususnya pada siswa kelas V SD GMIT Haunomaten Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan(TTS).

Kata Kunci : Eksperimen, Hasil Belajar, perpindahan kalor


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140003
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LIU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA