Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Konsep Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Sikap Demokrasi Siswa Kelas X SMA Negeri Wolwal Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Konsep Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Sikap Demokrasi Siswa Kelas X SMA Negeri Wolwal Kabupaten Alor

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Konsep Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Sikap Demokrasi Siswa Kelas X SMA Negeri Wolwal Kabupaten Alor.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian dan desain penelitian Quasi Eksperimen Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X B dan C SMA Negeri Wolwal. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai posttest dan pretest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS version 25 untuk melihat uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai berikut : pertama, pada uji normalitas (Uji Kolmogorov-Smirnov) pada kelas eksperimen dengan nilai sig 0.20 dan 0.18 sedangkan kelas kontrol 0.07 dan 0.014, dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig > 0.05. maka data tersebut berdistribusi normal. Kedua, Uji homogenitas untuk kedua kelas diperoleh nilai 0.312 > 0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada, pada uji homogenitas data tersebut berdistribusi homogen. Ketiga, Uji-t dengan menggunakan rumus uji independent sample t-test maka diperoleh nilai t = 3.648 dengan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.001< 0.05 maka disimpulkan bahwa menunjukkan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran konsep penerapan pancasila dalam konteks berbagsa terhadap sikap demokrasi siswa kelas X SMA Negeri Wolwal.

Kata Kunci : Pembelajaran Kolaboratif, Sikap Demokrasi Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901070053
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 MAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA