Tesis
ANALISIS KEPUASAN PASIEN YANG MENJALANI PELAYANAN BEDAH DI RUMAH SAKIT ST. CAROLUS BORROMEUS KUPANG
XMLKementerian Kesehatan menyatakan bahwa semakin baik status kesehatan penduduk maka semakin tinggi status produktifitas yang juga berdampak pada status ekonomi negara, dengan demikian akan lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di negara tersebut. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang kita berikan dan menjadi suatu modal untuk mendapatkan pasien lebih banyak serta untuk mendapatkan pasien yang loyal. Pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien, dengan menggunakan persepsi pasien tentang pelayanan yang diterima. Rumah Sakit St. Carolus Borromeus Kupang merupakan salah satu rumah sakit tipe C yang mendapatkan akreditasi bintang 5 (Lima) berdasarkan standar akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit pada tahun 2019. Rumah sakit ini mengubah prioritas pelayanan Penyakit Dalam yang telah dilaksanakan selama 2 tahun yakni pada tahun 2020 dan 2021 dan menetapkan pelayanan bedah sebagai pelayanan prioritas yang perlu dipantau pada tahun 2022 agar dapat meningkatkan mutu layanan dari segala aspek. Berdasarkan hasil survei awal yang di lakukan peneliti pada 15 orang pengujung maupun keluarga pasien yang ditemui di lingkungan rumah sakit, 6 diantaranya menyatakan bahwa masih terdapat keterbatasan pada fasilitas di ruang rawat inap yakni AC dan Televisi yang tidak berfungsi, serta dokter yang melakukan visite diatas jam 9 malam, waktu tunggu yang lama di poli karena dokter terlambat datang serta tidak tersedianya kantin di malam hari sehingga keluarga sulit mencari makanan di malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk Melakukan analisis penampakan fisik bangunan, kelengkapan fasilitas, penampilan staf, kebersihan lingkungan, ketepatan waktu pelayanan, kecepatan respon, dan kecepatan tanggap komplain terhadap Kepuasan Pasien yang menjalani pelayanan Bedah di Rumah Sakit St. Carolus Borromeus Kupang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada September hingga Oktober 202 dengan besar sampel sebanyak 60 orang. Hasil uji bivariat diketahui penampakan fisik bangunan (p=0,013), Kelengkapan Fasilitas (p=0,000), Penampilan Staf (p=0,000), Kebersihan Lingkungan (p=0,002), Ketepatan Waktu Pelayanan (p=0,021), Kecepatan Respon UGD (0,000), dan Kecepatan Tanggap Komplain (p=0,002) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Maria Della Strada Balun,S.KM - Personal Name
|
Student ID |
2011080012
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Mariana D. C. Lerik, S.Psi., M.Si - 19700615 199702 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Dr. Andreas Umbu Roga, S.Pd., M.Kes - 19650407 199403 1 004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Pius Weraman, S.KM., M.Kes - 19640501 198411 1 001 - Penguji 1
Dr. Yermia Djeri Manafe, S.Sos., M.Si - 19700303 200501 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
131.01 Bal A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |