Skripsi
Pengendalian Kualitas Produk Jagung Goreng Pada Umkm Jagung Kanaan Di Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kerusakan produk yang sering terjadi di UMKM Jagung Kanaan, kelurahan penfui timur, kecamatan kupang tengah, kabupaten kupang. Permasalahan tersebut disebabkan karena belum adanya pengendalian kualitas yang baik pada proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian kualitas produk tahu, serta untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab kerusakan produk pada UMKM Jagung Kanaan. Dengan menggunakan metode analisis yaitu metode diagram pareto dan diagram sebab-akibat (fishbone) untuk menganalisis faktor-faktor penyebab produk cacat pada UMKM Jagung Kanaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dokumentasi dan kuesioner. Dan teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data yang bersifat kualitatif yang akan dianalisis secara deskriptif. Kemudian diberikan usulan tindakan perbaikan dan rekomendasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan memproduksi jagung sebanyak 8000kg selama bulan Desember - Mei, dan menunjukan bahwa UMKM Jagung Kanaan belum melakukan pengendalian kualitas dengan baik selama tahun 2023, yang dimana terdapat 2 Jenis kecacatan yaitu, kecacatan tekstur dengan jumlah 27Kg dengan persentase total sebanyak 54%, kecacatan hangus dengan jumlah 23Kg dengan persentase total sebanyak 46%. Dari hasil Penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dalam kegiatan produksinya perusahaan belum melakukan pengendalian kualitas produk dengan baik sehingga terjadi kerusakan produk pada hasil produksi produk Jagung. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya jumlah cacat produk karena faktor bahan baku dan proses produksinya yang dilakukan. Maka dari itu penulis mengusulkan perbaikanyang diberikan untuk mencegah Tingkat kerusakan tahu dimasa mendatang dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) yang dibuat agar para karyawan dapat bekerja lebih produktif agar pabrik tidak mengalami kerugian.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Karolus Risky Nahak - Personal Name
|
Student ID |
1903020027
|
Dosen Pembimbing |
INDRI ASTUTI - 196004301987022001 - Dosen Pembimbing 1
LUKAS J B B HATTU - 196106261988031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Indri Astuti - 196004301987022001 - Ketua Penguji
Lukas J B B Hattu - 196106261988031002 - Penguji 1 Fred Martinus Dethan - 196005131987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Nah P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |