HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Detail Cantuman

Skripsi

HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

XML

Fenomena perilaku konsumtif pada mahasiswa semakin menjadi perhatian utama, terutama dengan adanya pengaruh dari fenomena Fear Of Missing Out (FOMO). FOMO dapat mendorong individu untuk melakukan perilaku konsumtif, yaitu membeli barang atau jasa yang tidak dibutuhkan hanya karena untuk menghindari perasaan takut ketinggalan pengalaman atau informasi yang dianggap penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Fear Of Missing Out (FOMO), perilaku konsumtif dan apakah ada hubungan antara Fear Of Missing Out (FOMO) dengan perilaku konsumtif Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana dengan jumlah Populasi 452 mahasiswa dan sampel 116 mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan program IBM SPSS statistics 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang memiliki Fear Of Missing Out (FOMO) berada dalam kategori sedang dengan persentase 55% dan perilaku konsumtif yang dimiliki berada pada kategori sedang dengan persentase 53%. Analisis korelasi pearson product moment menunjukan bahwa antara Fear Of Missing Out (FOMO) dan perilaku konsumtif memiliki hubungan arah yang positif ditunjukan dengan nilai rxy sebesar 0,597.
Hasil pengujian signifikansi korelasi, menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara Fear Of Missing Out (FOMO) dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana dibuktikan dengan nilai r hitung > r tabel yaitu 0, 5970 > 0,2404.

Kata Kunci : Fear Of Missing Out (FOMO), Perilaku Konsumtif, Mahasiswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Veronika Yuliani Jangkar - Personal Name
Student ID
1901160060
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle - 198304142008122004 - Dosen Pembimbing 1
Katharina E P Korohama - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Ketua Penguji
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 1
I Putu Agus Apriliana - 199404072022031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Jan Y
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA