PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 NUBATUKAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 NUBATUKAN

XML

Regulasi diri dalam konteks belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk mengatur diri sendiri dalam proses belajar. Peserta didik yang belajar dengan regulasi dapat mengenal dirinya sendiri dan bagaimana cara mereka belajar, memiliki kemandirian dalam belajar dan mampu mengatur diri sendiri ketika mengalami permasalahan dalam belajar. Peserta didik yang memiliki regulasi yang baik dapat mengatur diri dalam proses belajar, mengendalikan motivasi, kognitif dan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri, kebiasaan belajar, dan apakah ada pengaruh regulasi diri terhadap kebiasaan belajar peserta didik
SMP Negeri 4 Nubatukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik SMP Negeri 4 Nubatukan dengan jumlah populasi 324 peserta didik dan sampel 76 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling, untuk menentukan ukuran sampel diambil 10% dari tiap populasi dengan taraf kesalahan 5%.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, yakni angket regulasi diri dan angket kebiasaan belajar, dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum regulasi diri pada peserta didik berada pada kategori sedang yaitu 71 peserta didik dengan persentase 93,42, dan kebiasaan belajar peserta didik juga berada pada kategori sedang yaitu 70 peserta didik dengan persentase 92,11%. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 112,752 > Ftabel = 3,97 (N=76) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,604, yang mengandung pengertian bahwa regulasi diri berpengaruh terhadap kebiasaan belajar pada peserta didik SMP Negeri 4 Nubatukan yaitu sebesar 60,4%, dan sisanya 39,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa regulasi diri berpengaruh positif terhadap kebiasaan belajar, artinya regulasi diri yang baik dapat membantu siswa untuk mengatur diri sendiri, mengatur waktu, mengatur tujuan belajar dan mengatur tindakan yang efektof dalam belajar. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih efekttif dalam belajar dan mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.
Kata Kunci: Regulasi Diri, Kebiasaan Belajar, Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901160057
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Dosen Pembimbing 1
Lolang Maria Masi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Ketua Penguji
Lolang Maria Masi, M.Pd - - Penguji 1
I Putu Agus Apriliana, S.Pd.,M.Pd - 199404072022031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Tol S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA