EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensitas penggunaan facebook, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, dan sejauh mana efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengurangi intensitas penggunaan facebook peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian praeksperimen dengan desain penelitian one group pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 5 Kupang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan agar pre test diberikan pada keseluruhan anggota populasi yang berjumlah 160 peserta didik, dari hasil pretest siswa yang menunjukan intensitas penggunaan facebook tinggi akan dijadikan sampel yakni 10 orang siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket intensitas penggunaan facebook dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis uji t dengan bantuan program SPSS For Windows 23Version. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan intensitas penggunaan facebook peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor mean sebelum diberikan treatment 167,50 dan skor mean setelah diberikan teratment 109,10. Selain itu diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada uji hipotesis adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 20,728 > 0,521 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Impilkasi dari hasil penelitian ini yaitu peserta didik dapat mengembangkan keterampilan pengelolaan waktu yang lebih baik dengan menyadari betapa pentingnya mengalokasikan waktu secara bijaksana antara penggunaan facebook dan tugas-tugas sekolah serta aktivitas lainnya yang jauh lebih penting.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Intensitas Facebook


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Katarina Dai Rotok - Personal Name
Student ID
1901160088
Dosen Pembimbing
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
Paulinus A. S. Uda, M.Pd - 8966830022 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. M. D. PUA UPA, MS - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Paulinus A. S. Uda - - - Penguji 1
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Rot E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA