PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUPANG TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUPANG TIMUR

XML

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan seseorang yang berkaitan dengan persepsi dan penilaian di mana kemampuan tersebut digunakan untuk memecahkan masalah yang membutuhkan kemampuan menganalisa dan kemampuan bernalar tingkat tinggi. Dari hasil observasi dan hasil tes di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Timur menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah khususnya pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media animasi pada pembelajaran persamaan garis lurus.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 31,32% pada pra siklus meningkat menjadi 52,79% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75% pada siklus II.Penerapan model problem based learning juga meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Persentase aktivitas guru mencapai 100% pada siklus I dan II serta persentase aktivitas siswa mencapai 94,7% pada siklus I meningkat pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, penerapan model problem based learning berbantuan media animasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Timur pada pembelajaran persamaan garis lurus.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NI LUH KADEK JUNIARTY - Personal Name
Student ID
1901030037
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 1
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 JUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA