Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Dalam Pemberdayaan Pengrajin Tenun Ikat di Kecamatan Nita (Studi Kasus di Kelompok Bida Mitan Desa Takaplager)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Dalam Pemberdayaan Pengrajin Tenun Ikat di Kecamatan Nita (Studi Kasus di Kelompok Bida Mitan Desa Takaplager)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka dalam pemberdayaan pengrajin tenun ikat di Kecamatan Nita (Studi Kasus Di Kelompok Bida Mitan Desa Takaplager), sehingga adanya upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudaayaan Kabupaten Sikka dalam pemberdayaan pengembangan sumberdaya pariwisata dan ekonomi kreatif. Penelitian ini dilakukan karena ada beberapa permasalahan seperti kurangnya sarana prasarana, kurang modal usaha dan kurang pemasaran sehingga hasil tenun ini kurang diminati. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka dan di Desa Takaplager Kecamatan Nita. Yang menjadi fokus penelitian adalah Koordinator, Fasilitator, Stimulator, dan Regulator. Hasil penelitian menunjukan kegiatan pemberdayaan kelompok pengrajin tenun ikat Bida Mitan di Desa Takaplager, Kecamatan Nita yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka sejauh ini sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa indikator yang belum berjalan dengan optimal. Disini peneliti menyimpulkan bahwa antara pemerintah dinas pariwisata dengan kelompok tenun ikat Bida Mitan di desa Takaplager tidak terjalinnya koordinasi yang baik. Peran dinas pariwisata sebagai fasilitator masih kurang dalam hal memfasilitasi alat dan bahan produksi untuk menenun sedangkan untuk pelatihan sendiri Pemerintah dinas pariwisata sudah bagus dengan cara memberikan pelatihan kepada kelompok tenun ikat Bida Mitan. Peran dinas pariwisata sebagai stimulator masih kurang berkontibusi dalam pemasaran hasil tenun ikat kelompok Bida Mitan sehingga nilai jual tenun ikat pada kelompok Bida Mitan tidak mengalami peningkatan. Peran dinas pariwisata sebagai regulator sudah baik dikarenakan pemerintah berhasil memperjuangan dan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual terhadap para pengrajin tenun ikat di Kabupaten Sikka. Saran dari penelitian ini adalah Dinas pariwisata perlu lebih giat dalam meninjau langsung aktivitas kelompok bida mitan dan membantu melengkapi fasilitas dan juga membantu dalam pemasaran kelompok bida mitan
Kata Kunci : Peran, Pemberdayaan, Kelompok Tenun Bida Mitan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Elisabeth Yuliani - Personal Name
Student ID
1903010010
Dosen Pembimbing
JENY JACOBA THERIK - 196206061988032003 - Dosen Pembimbing 1
I Putu Yoga Bumi Pradana - 19901227 201404 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jeny Jacoba Therik - 196206061988032003 - Ketua Penguji
I PUTU YOGA BUMI PRADANA - 19901227 201404 1 001 - Penguji 1
Ardy Y. Pandie - 19901006 202321 1 023 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Yul P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA