STRATEGI PEMASARAN TOMAT DI DESA LEWOKELENG KECAMATAN ILE BOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI PEMASARAN TOMAT DI DESA LEWOKELENG KECAMATAN ILE BOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Lewokeleng Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur pada bulan November - Desember 2023. penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi petani dalam memasarkan tomat yang diproduksinya, (2) Mengetahui strategi pemasaran tomat di Desa Lewokeleng Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petani tomat di Desa Lewokeleng yang berjumlah 29 petani, pedagang pengecer yang berjumlah 18 pedagang, pedagang pengumpul yang berjumlah 6 pedagang dan pihak pemerintah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode sensus untuk menentukan sampel dari petani dan pedagang pengumpul yang berjumlah 29 petani dan 6 pedagang pengumpul. Sementara untuk sampel dari pedagang pengecer dan pihak pemerintah ditentukan dengan metode purposive sampling dengan 9 pedagang pengecer dan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui tujuan pertama data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan tujuan kedua data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) (a) Faktor kekuatan pemasaran tomat di Desa Lewokeleng meliputi: produk tomat yang berkualitas baik, pelayanan yang baik kepada pedagang dan distribusi produk yang lebih mudah. (b) Faktor Kelemahan meliputi : petani yang terlalu terpaku pada satu pasar, petani kurang menyesuaikan jumlah produksi dengan keadaan pasar dan promosi yang masih kurang. (c) Faktor peluang meliputi : permintaan tomat yang selalu tersedia, adanya pasar-pasar kecil lainnya di Pulau Adonara dan semakin berkembangnya teknologi media sosial. (d) Faktor ancaman meliputi : semakin banyaknya pesaing, adanya penurunan harga tomat yang cukup drastis dan adanya pedagang yang melakukan sistem pembayaran gantungan. (2) Berdasarkan analisis SWOT strategi pemasaran tomat di Desa Lewokeleng berada pada kuadran III dan strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi WO (weakness-opportunities). Strategi WO pada pemasaran tomat di Desa Lewokeleng adalah : (a) Memperluas pemasaran tomat ke pasar- pasar kecil lainnya di Pulau Adonara dan (b). Melakukan promosi dengan menawarkan tomat melalui media sosial


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1904020069
Dosen Pembimbing
Ignatius Sinu - 195808231988031002 - Dosen Pembimbing 1
Siska Elvani - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ignatius Sinu - 195808231988031002 - Ketua Penguji
Siska Elvani - - Penguji 1
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 Ray Y
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA