Hubungan Lama Menderita Morbus Hansen Dengan Tingkat Depresi Pada Pasien Morbus Hansen Di Panti Rehabilitasi Kusta Naob Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Lama Menderita Morbus Hansen Dengan Tingkat Depresi Pada Pasien Morbus Hansen Di Panti Rehabilitasi Kusta Naob Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Latar Belakang: Morbus Hansen atau yang biasa disebut juga dengan kusta merupakan penyakit infeksi kronik yang disebabkan oleh infeksi dari Mycobacterium leprae. Penderita kusta sering menyembunyikan keadaan sebagai penderita kusta dan enggan untuk berobat ke pelayanan kesehatan secara teratur. Keadaan ini tidak menunjang proses pengobatan dan kesembuhan, sebaliknya akan memperbesar resiko munculnya cacat bagi penderita kusta sehingga akan memperlambat proses kesembuhan penyakit kusta.
Tujuan Penelitian: Untuk menganalisis hubungan lama menderita morbus hansen dengan tingkat depresi pada pasien morbus hansen di Panti Rehabilitasi Kusta Naob Kabupaten Timor Tengah Utara.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitikal observasional dengan dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada pasien yang menderita kusta di Panti Rehabilitasi Kusta Naob, Timor Tengah Utara. Data yang diperoleh dengan melakukan pengisian kuesioner Hamilton Depression Rating Scale (HDRS) oleh 44 pasien kusta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil: 15,9% lama menderita >6-12 Bulan, 65,9% lama menderita 1-3 Tahun dan 18,2% lama menderita >3 Tahun. Penderita kusta tidak depresi adalah berjumlah 4,5%, 54,5% dengan tingkat depresi ringan, 36,6% dengan tingkat depresi sedang dan 4,5% dengan tingkat depresi berat. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman dan didapatkan nilai p=0,001 (p<0,05)
Kesimpulan: Lama menderita morbus hansen mempengaruhi tingkat gangguan depresi di Panti Rehabilitasi Kusta Naob Kabupaten Timor Tengah Utara.
Kata Kunci: Lama menderita morbus hansen, tingkat gangguan depresi, pasien kusta


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tiara Dirgantini - Personal Name
Student ID
2208020054
Dosen Pembimbing
Kartini Lidia - 198004212008012024 - Dosen Pembimbing 1
Idawaty Trisno - 8800511019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ika Febianti Buntoro - 198202112008012010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11901
Edisi
Published
Departement
Profesi Dokter (Profesi)
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
119.01 Dir H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA