PEMETAAN LOKASI RAWAN KEMACETAN LALU LINTAS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS: KOTA KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

PEMETAAN LOKASI RAWAN KEMACETAN LALU LINTAS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS: KOTA KUPANG)

XML

Pertumbuhan penduduk yang tinggi di daerah perkotaan diikuti dengan peningkatan mobilitas yang semakin tinggi menyebabkan adanya peningkatan kebutuhan alat transportasi sehingga menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas salah satunya di Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui lokasi yang rawan terjadi kemacetan lalu lintas di Kota Kupang, (2) Untuk mengetahui pada jam berapa terjadinya kemacetan lalu lintas di Kota Kupang dan (3) Untuk mengetahui karakteristik kemacetan lalu lintas di Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif kuantitatif guna menggambarkan permasalahan yang diteliti yaitu untuk mengetahui lokasi rawan kemacetan lalu lintas di Kota Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan metode survei lapangan seperti survey kondisi geometrik jalan, survei hambatan samping dan survei lalu lintas dan data sekunder menggunakan dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis skoring dan overlay untuk menentukan dan menggambarkan tingkat kerawanan kemacetan lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lokasi-lokasi yang rawan terjadi kemacetan lalu lintas di Kota Kupang antara lain: Jalan Muhammad Hatta, depan RSUD Prof.
W. Z. Yohanes; Jalan Jenderal Sudirman, depan Toko Sinar Bangunan; Jalan Jenderal suharto, pertigaan Oepura; Jalan Jenderal Suharto, depan pasar Inpres; Jalan Ahmad Yani, depan Kampus Unika; Jalan Piet A. Tallo, Jembatan Liliba. (2) Waktu yang rawan terjadi kemacetan lalu lintas yaitu pagi hari jam 06:30-08:30, siang hari jam 12:00-13:00 dan sore hari jam 18:00-20:00 (3) Karakteristik kemacetan lalu lintas pada masing-masing ruas jalan memiliki tingkat kerawanan macet yang berbeda. Tingkat kerawanan macet tinggi terjadi pada ruas Jalan Piet A. Tallo, Jembatan Liliba. Tingkat kerawanan macet sedang terjadi pada ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Toko Sinar Bangunan, Jalan Moch Hatta depan RSUD Prof. W.Z. Yohanes, Jalan Jenderal Suharto depan Pasar Inpres Naikoten 1 dan Jalan Jenderal Suharto pertigaan Oepura. Sedangkan tingkat kerawanan macet rendah terjadi pada ruas Jalan Ahmad Yani.
Kata Kunci: kemacetan, sistem informasi geografis, pemetaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001100073
Dosen Pembimbing
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Husain Hasan, S.Pd. M.Pd - 198806022019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 198806022019031012 - Penguji 1
ARFITA RAHMAWATI - 199110122019032029 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 pus p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA