Penggunaan Analisis Jalur Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus: SMK St. Willibrodus Betun)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Analisis Jalur Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus: SMK St. Willibrodus Betun)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh langsung, tidak langsung dan pengaruh total variabel eksogen terhadap variabel endogen, untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran matematika di SMK St. Willibrodus Betun dengan pengujian koefisien jalur. Untuk menjawab tujuan tersebut peneliti menggunakan metode analisis jalur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, dimana data tersebut diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh responden kemudian data tersebut diolah menggunakan bantuan software SPSS 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar pengaruh langsung X_1 (intelegensi siswa) sebesar 0,046 atau 4,6%, X_2 (minat belajar) sebesar 0,033 atau 3,3%, X_3 (metode mengajar guru) sebesar 0,050 atau 5,0%, X_4 (motivasi belajar) sebesar 0,063 atau 6,3% dan X_5 (disiplin siswa) sebesar 0,013 atau 1,3%. Pengaruh tidak langsung X_1 melalui X_2,X_3,X_4 dan X_5 sebesar 0,127 atau 12,7%, X_2 melalui X_1,X_3,X_4 dan X_5 sebesar 0,114 atau 11,4%, X_3 melalui X_1,X_2,X_4 dan X_5 sebesar 0,132 atau 13,2%, X_4 melalui X_1,X_2,X_3 dan X_5 sebesar 0,137 atau 13,7%, dan X_5 melalui X_1,X_2,X_3 dan X_4 sebesar 0,076 atau 7,6%. Serta total pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung terhadap pretasi siswa yaitu: X_1 (intelegensi siswa) sebesar 17%,X_2 (minat belajar) sebesar 15%,X_3 (metode mengajar guru) sebesar 18%,X_4 (motivasi belajar) sebesar 20% dan X_5 (disiplin siswa) sebesar 9%. Sedangkan pengaruh total kelima variabel eksogen terhadap Y (prestasi siswa) adalah 79% dan sisanya dari faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini faktor yang paling berpengaruh terhadap prestasi siswa adalahX_4 (motivasi belajar) dengan pengaruh sebesar 0,250 atau 25,0%.

Kata Kunci: Prestasi Siswa, Analisis Jalur, Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JENIA ELFRIDA SERAN - Personal Name
Student ID
2006040039
Dosen Pembimbing
Elisabeth Brielin Sinu - - Dosen Pembimbing 1
Kristina Br. Ginting - 1970122320001220005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Robertus Dole Guntur - 197804142001121001 - Ketua Penguji
Elisabeth Brielin Sinu - 198808172022032005 - Penguji 1
Keristina Br Ginting - 197012232000122005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA