Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD GMIT Oeltua

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD GMIT Oeltua

XML

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIT Oeltua yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode role playing terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan metode role playing 80,25 lebih tinggi daripada persentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 71.75. Pengujian hipotesis dengan bantuan Ms. Excel 16 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 3.13 > 2.02. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Resitasi.

Kata Kunci : Resitasi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Ummi Fatahiyah Mahmud - Personal Name
Student ID
1601140227
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA