Skripsi
Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD GMIT Oeltua
XMLPenelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIT Oeltua yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode role playing terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan metode role playing 80,25 lebih tinggi daripada persentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 71.75. Pengujian hipotesis dengan bantuan Ms. Excel 16 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 3.13 > 2.02. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Resitasi.
Kata Kunci : Resitasi, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ummi Fatahiyah Mahmud - Personal Name
|
Student ID |
1601140227
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MAH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |