Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantuan Video Interaktif pada Materi Fungsi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantuan Video Interaktif pada Materi Fungsi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran matematika juga pola pembelajaran satu arah yang masih digunakan oleh pengajar. Hasil pra penelitian, didapatkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Langke Rembong kelas XI pada materi fungsi trigonometri masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI D SMA Negeri 1 Langke Rembong dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended berbantuan video interaktif pada materi fungsi trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Pengamatan, dan 4)Refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif peserta didik kategori kreatif sebesar 7,14% pada siklus 1 meningkat menjadi 70,37% pada siklus 2 dari 27 banyaknya hasil tes peserta didik yang dianalisis. Penerapan model pembelajaran pendekatan pembelajaran dan media ini juga meningkatkan skor aktivitas siswa sebesar 82,5 pada siklus I meningkat menjadi 100 pada siklus II dan skor aktivitas guru meningkat dari 95 menjadi 100 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended berbantuan video interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI D SMA Negeri 1 Langke Rembong pada materi fungsi trigonometri.
Kata Kunci : Kooperatif ipe STAD, pendekatan open ended, video interaktif, fungsi trigonometri, kemampuan berpikir kreatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Kresentia Gresela Nakul - Personal Name
Student ID
2001030040
Dosen Pembimbing
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Ketua Penguji
Ch. Krisnandari Ekowati - 19640702 199303 2 005 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842. 02 Nak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA