VIDEO BLOG SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF KOMUNIKASI INTERNASIONAL TENTANG KOREA UTARA (Analisis Semiotik Peirce Pada Vlog Jaka Parker)

Detail Cantuman

Skripsi

VIDEO BLOG SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF KOMUNIKASI INTERNASIONAL TENTANG KOREA UTARA (Analisis Semiotik Peirce Pada Vlog Jaka Parker)

XML

Republik Rakyat Demokratik Korea atau yang dikenal dengan nama Korea Utara merupakan salah satu negara yang tertutup dalam arus informasi dan komunikasi internasional. Isolasi ini pada akhirnya menyebabkan banyak disinformasi tentang negara yang berada di wilayah utara Peninsula Korea tersebut. Dari berbagai informasi tentang Korea Utara, terdapat salah seorang youtuber asal Indonesia bernama Jaka Parker, yang memposting vlog berisi aktivitas kesehariannya di Kota Pyongyang, Korea Utara. Konten-konten tersebut tak jarang memperlihatkan kehidupan masyarakat Korea Utara yang berbeda dari gambaran media massa pada umumnya, bahkan menarik perhatian warganet asing. Maka dari itu peneliti tertarik mengkaji bagaimana vlog Jaka Parker dapat menjadi media alternatif dalam komunikasi internasional tentang Korea Utara. Dalam melakukan kajian, peneliti menggunakan paradigma interpretatif dan analisis semiotik Peirce sebagai metode penelitiannya. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa Vlog Jaka Parker memuat beberapa informasi tentang kondisi sosiokultural masyarakat Korea Utara yang kontradiktif
dengan pemberitaan Media Massa. Di sisi lain, Vlog Jaka Parker dapat menjadi pelengkap atau penyeimbang informasi media massa internasional layaknya media-media alternatif.
Kata Kunci : Korea Utara, Jaka Parker, Vlog


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1703050089
Dosen Pembimbing
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Luk V
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA