PENGARUH KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS VIIIC SMP NEGERI 2 ATAMBUA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS VIIIC SMP NEGERI 2 ATAMBUA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk Mengetahui pengaruh sikap kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKN peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 2 Atambua. 2) untuk Mengetahui pengaruh sikap kedisiplina belajar terhadap hasil belajar PPKN peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 2 Atambua. 3) untuk mengetahui pengaruh sikap kedisiplinan dan tanggung jawab belajar terhadap hasil belajar PPKN peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 2 Atambua.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi penelitian ini sebanyak 325 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Dengan taraf signifikan 5%. Pemilihan sampel ini menggunakan Teknik Simpel Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan metode survey dengan bantuan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.
Hasil menunjukkan bahwa: nilai sig adalah 0,001 < 0,05 dan juga terlihat nilai t hitung 5,308 lebih besar dari nilai t tabel 1,986. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VIIIC SMP Negeri 2 Atambua. nilai sig adalah 0,002 < 0,05 dan juga terlihat nilai t hitung 3,514 lebih besar dari nilai t tabel 1,986. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya tanggung jawab belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. maka dapat dilihat bahwa dari uji koefisien determinasi yaitu terlihat dari tabel R Square 0,653 yang artinya hasil belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar dan tanggung jawab belajar sebesar 0,653 atau 65,3% sedangkan sisanya 34,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. diketahui nilai sig adalah 0,001 < 0,05 dan juga terlihat nilai F hitung 25,381 lebih besar dari nilai F tabel 3,09. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya disiplin belajar dan tanggung jawab belajar secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.

Kata kunci : Disiplin, Tanggung Jawab, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
2001070098
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ati P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA