Skripsi
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Eworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang pada materi turunan fungsi aljabar yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model Kemis MC Tagart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes hasil belajar dan kuisioner respon siswa.
Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan sebagai berikut: 1) persentase aktivitas mengajar guru meningkat yaitu 91.67% menjadi 93.75% ; 2) persentase aktivitas siswa meningkat yaitu 84.38% menjadi 85.98% ; dan hasil belajar meningkat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 62.5% menjadi 87.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah diperoleh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan eworksheet materi turunan fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang.
Kata Kunci: Discovery learning, eworksheet, hasil belajar, turunan fungsi aljabar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Elisa Gaudensia Wuwur - Personal Name
|
Student ID |
2001030029
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Wur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |