Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Eworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Eworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang pada materi turunan fungsi aljabar yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model Kemis MC Tagart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes hasil belajar dan kuisioner respon siswa.

Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan sebagai berikut: 1) persentase aktivitas mengajar guru meningkat yaitu 91.67% menjadi 93.75% ; 2) persentase aktivitas siswa meningkat yaitu 84.38% menjadi 85.98% ; dan hasil belajar meningkat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 62.5% menjadi 87.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah diperoleh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan eworksheet materi turunan fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang.

Kata Kunci: Discovery learning, eworksheet, hasil belajar, turunan fungsi aljabar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elisa Gaudensia Wuwur - Personal Name
Student ID
2001030029
Dosen Pembimbing
Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Wur P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA