Responsibilitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang dalam Menangani Keluhan Masyarakat tentang infrastruktur jalan

Detail Cantuman

Skripsi

Responsibilitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang dalam Menangani Keluhan Masyarakat tentang infrastruktur jalan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Responsibilitas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang dalam menangani keluhan tentang infrastruktur jalan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dan data yang dikumpulkan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Validasi data penulis menggunakan metode tringulasi data. Hasil penelitian ini menggunakan indikator dari Zeithmal yang menunjukan bahwa secara umum responsivitas semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas. Penanganan para petugas bina marga disini menggunakan SOP berupa kegiatan dari dinas untuk menangani keluhan masyarakat. sikap dan komunikasi yang cukup baik. Petugas Dinas telah merespon keluhan dan pengaduan masyarakat dengan cukup baik dari segi kesigapan petugas yang baik, komunikasi yang sopan dan ramah akan menjawab keluhan yang disampaikan.Dinas sudah melakukan pelayanan yang baikm sehingga indikator ini sudah di realisasikan dengan baik berupa ketulusan petugas dalam melayani para pelapor atau aduan dari Masyarakat. Dinas melakukan pelayanan yang tepat dalam menangani aduan atau laporan masyarakat yang sesuai dengan SOP agar tidak terjadinya kesalahan dalam menangani kesalahan pekerjaan maupun disini sudah melakukan pembicaraan yang baik. Sikap cermat dan kesungguhan juga di tunjukan dalam menangani keluhan dan aduan dari masyarakat yaitu dengan melakukan analisis dan survei tempat yang dilaporkan oleh masyarakat, seperti turun ke kecamatan yang terdapat jalan rusak yang harus di perbaiki. Untuk indikator kesesuai waktu dan juga kepastian waktu masih kurang baik karena Dinas belum memiliki waktu standar pelayanan dalam penyelesaian sebuah aduan atau laporan. Dinas belum menyediakan akses berupa penyampaian laporan dan keluhan dari masyarakat untuk bagian jalan dan jembatan. Untuk penyelesaian hingga tahap perbaikan belum dikatakan maksimal karena masih banyak aduan yang belum terselesaikan karena terbatasnya anggaran.
Kata kunci : responsivitas, pelayanan publik, infrastruktur jalan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dindanigtyas Permono - Personal Name
Student ID
1803010167
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
Yaherlof FoEh - 196205251989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Yaherlof Foeh - 196205251989012001 - Penguji 1
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Ono R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA